25 Inspirasi Menu Buka Puasa yang Nikmat dan Sehat

1490

menu buka puasa

Alhamdulilah, bulan Ramadhan akan datang. Apakah Sahabat sudah temukan menu buka puasa yang sehat dan enak? Menu buka puasa yang paling baik bukan hanya sekedar dapat mengisi perut saja, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita setelah seharian berpuasa seperti menu berbuka puasa berikut ini.

  1. Sajian Manis dalam Mangkuk Isi Bubur Biji Salak

Tenang saja, sajian ini bukan biji si buah salaknya tetapi campuran tepung dan ubi sehingga terbentuk seperti biji salak. Sajian manis ini sering sekali menjadi menu buka puasa yang dapat dibeli di pinggir jalan. Dengan sajian gula dan karbohidrat ini, Anda dapat kembali semangat dan mengisi nutrisi tubuh Anda dengan cepat.

Baca Juga: Ingin Puasa Tanpa Zakat Fitrah? Nggak Sempurna

  1. Kreasi Menu Berbuka Gandum Oat dengan Buah-buahan

Gandum identik dengan sehat karena memiliki serat dan juga nutrisi yang baik untuk tubuh. Walaupun sering dijadikan menu untuk sarapan pagi, tak ada salahnya untuk membuat sajian ini sebagai menu buka puasa. Sahabat juga bisa menambahkan buah-buahan seperti stroberi, leci, anggur dan buah lainnya untuk melengkapi menu sehat Anda.

  1. Kue Tradisional Indonesia, Kue Putu Mayang

Jika Anda ingin menyicipi menu tradisional, Anda bisa mencoba dengan membeli kue putu mayang. Walaupun termasuk “kue jaman old”, tetapi menu camilan ini bisa menjadi sajian pas untuk dijadikan menu berbuka puasa. Paling enak disajikan dengan suhu yang hangat agar gulanya meleleh di dalam kue.

  1. Bubur Sumsum, Bubur Manis Sederhana

Bubur tambah sumsum jadilah bubur sumsum. Namun, bukan sumsum tulang hewan yang dimaksud di menu berbuka ini. Karena terlihat terang dan pucat, makanya bubur ini disebut dengan bubur sumsum.

  1. Hitam Manis Bubur Ketan Hitam

Apakah Sahabat tahu dengan ketan hitam? Sajian tradisional ini sering menjadi makanan camilan untuk sehari-hari. Namun, sajian ini juga bisa sangat pas untuk berbuka puasa karena memiliki nutrisi dan juga serat yang baik untuk tubuh.

  1. Es Koktail Orang Indonesia, Es Teler

Es teler? Es membuat orang teler? Bukan, ini adalah menu es teler yang berisi kelapa, nangka, alpukat, serta dibubuhi oleh serutan es dan susu kental manis. Menu ini sering sekali dijadikan sajian berbuka puasa karena selain segar, sajian ini memberikan banyak manfaat dan juga manis sehingga dapat mengisi kebutuhan nutrisi tubuh setelah berpuasa seharian.

  1. Berbuka dengan Bubur Kacang Hijau

Bayangkan saja, kacang hijau ditambah santan dan gula. Bagaimana rasanya? Ya, makanan yang tidak asing ditelinga kita ini menjadi menu buka puasa yang sering diminati masyarakat Indonesia. Walaupun sudah banyak produsen yang membuat makanan ini, bubur kacang hijau tetap menjadi pilihan menu takjil yang sering diburu.

  1. Es Selendang Mayang ala Suku Betawi

Selendang mayang. Sajian yang berisi adonan tepung beras warna warni serta tambahan buah ini menjadi salah satu menu buka puasa yang sering dicari para pemburu takjil. Warnanya yang menggugah dan rasanya yang begitu segar dan manis merupakan sajian ideal untuk berbuka puasa. Walaupun mencarinya agak susah karena sudah jarang yang menjualnya, tetapi menu es ini patut dicari.

  1. Sajian Manis dengan Kehangatan Kolak Pisang dan Ubi

Kolak menjadi sajian paling tidak asing. Ya, makanan yang manis berisi pisang dan ubi ini menjadi takjil favorit masyarakat Indonesia. Apalagi jika disajikan hangat, sangat nikmat dan juga mengugah selera.

  1. Es Kopyor, Menu Buka Puasa khas Jawa Tengah

Kopyor itu apa ya? Kuliner yang terbuat dari kelapa yang mengalami kelainan genetik ini ternyata menjadi sajian segar untuk berbuka puasa. Banyak yang berpendapat kelapa jenis kopyor ini sangat menyegarkan dan lembut untuk dimakan dibandingkan dengan kelapa biasa. Apakah Sahabat sudah pernah mencobanya?

  1. Segar Berbuka Puasa dengan Aneka Buah-buahan dengan Es Buah

Buah-buahan memang penting untuk tubuh, apalagi untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Sebab, buah-buahan mengandung nutrisi dan vitamin yang penting dan sangat bermanfaat untuk kita yang tengah berpuasa seharian lamanya. Nah, menurut sahabat paling enak mana, es buah atau sop buah ya?

  1. Es Kelapa Muda Aneka Rasa

Kata siapa es kelapa hanya kelapa dan gula saja? Ternyata sajian buka puasa ini dapat dikreasikan dengan buah-buahan atau rasa tambahan lainnya seperti susu coklat milo, buah alpukat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tidak Berpuasa karena Khawatir terhadap Anak, Bagaiamana Hukumnya?

  1. Segarnya Buah Blewah dalam Gelas

Blewah sering dibilang menjadi buah iconic setiap bulan Ramadhan. Karena harum dan kesegarannya membuat es blewah menjadi hidangan paling favorit selama puasa Ramadhan.

  1. Es Segar Es Cendol dari Sunda Punya

menu buka puasa

Siapa yang belum tahu es cendol? Minuman yang tidak pernah ada lekang oleh waktu ini sering menjadi minuman paling dicari untuk menu buka puasa. Terkenal dingin dan manis, sajian cendol dengan es ini menjadi raja takjil hampir di setiap daerah. Sahabat sudah pernah mencobanya?

  1. Gurih-gurih Hangat dengan Singkong Rebus Keju

Singkong hangat ditambah taburan keju. Sahabat Zakat pernah mencobanya? Sehat dan berserat, dengan memakan ini saja, energi kita akan langsung terisi dengan cepat. Jangan lupa untuk mencari singkong keju saat bulan Ramadhan ya!

  1. Nikmatnya Mutiara Merah Muda dengan Bubur Sagu Mutiara

Sahabat tahu dengan kue sagu mutiara? Ternyata kue ini juga bisa dijadikan bubur juga dan menjadi sajian takjil dengan tambahan santan dan pisang. Bedanya dengan versi kue adalah sajian ini berbentuk bubur dan pas untuk dijadikan menu takjil.

  1. Buah Timun tambah Suri jadilah Es Timun Suri

Timun suri namanya. Buah yang berteman dekat dengan melon dan ketimun ini ternyata menjadi buah yang sering dicari selama bulan Ramadhan. Buah ini dapat disajikan tanpa es ataupun dengan es karena rasa buahnya yang segar bahkan es pun jarang dipakai untuk sajian buka puasa satu ini.

  1. Kue Mungil Kue Klepon

menu buka puasa

Kue klepon atau sering disebut kue onde-onde merupakan salah satu makanan camilan yang sering disajikan saat berbuka puasa. Walaupun bentuknya yang bulat dan kecil, kue yang ditaburi kelapa ini menjadi sajian takjil primadona di bulan Ramadhan.

  1. Bukan Tempat Burung, Hanya Es Sarang Burung

Sarang burung? Tenang, hidangan ini bukan tempat hidupnya para burung tetapi es sarang burung. Sajian segar yang terbuat dari parutan agar-agar tak berwarna ini dapat menjadi salah satu menu berbuka favorit untuk keluarga karena rasanya yang enak dan segar.

  1. Si Manis Lembut Puding Aneka Rasa

Siapa yang tidak suka puding? Ada pudding vanilla, coklat, stroberi, dan lain sebagainya. Menu yang buka puasa yang sering dijadikan dessert ini bisa menjadi sajian takjil yang manis untuk mengisi perut yang kosong. Sangat pas sekali untuk sajian keluarga.

  1. Pisang Bukan Hijau dengan Es Pisang Ijo

Hanya di Indonesia saja. Jika biasanya pisang berwarna kuning, kali ini pisang bisa menjadi berwarna hijau seperti menu es pisang ijo satu ini. Ditambah dengan es dan balutan adonan tepung berwarna hijau, es pisang ijo menjadi menu takjil idaman untuk para pencari takjil.

  1. Martabak Tahu Goreng Berkulit Lumpia

Sahabat pernah mencoba martabak? Pastinya martabak tahu tidak terdengar aneh bukan? Ya, sajian makanan yang biasanya disajikan dengan telur atau terigu dengan topping yang beraneka raga mini juga bisa dipadukan dengan tahu. Walaupun masih jarang peminatnya, sajian ini merupakan menu berbuka yang idela karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

  1. Smoothie Buah-buahan yang Manis dan Segar

Jika Sahabat Zakat pernah mencoba jus buh, pasti smoothie buah-buahan sangat familiar bukan? Berbeda dengan jus buah biasa, smoothie merupakan campuran dari bahan-bahan seperti buah, sayuran, dan susu sehingga menjadi manis dan lembut seperti minum susu rasa buah. Sahabat tertarik mencobanya?

Baca Juga: Hanya ada di Ramadhan saja, yuk kejar !!

  1. Menu Berbuka Luar Negeri dengan Pancake Buah-buahan

Bentuknya bulat dan pipih seperti piring yang mempunyai dua wajah yang sama. Namanya pancake. Makanan yang berasal dari Belanda ini dapat menjadi sajian takjil yang mengenyangkan selama bulan puasa. Selain enak, pembuatannya pun mudah, Anda hanya perlu menyiapkan pan (Teflon) dan adonan kue (cake) dan membuatnya dalam api yang kecil. Mudah bukan?

  1. Manis dan Segar dengan Menu Es Cincau

Es cincau kerap sekali disuguhi sebagai menu buka puasa di berbagai daerah. Walaupun banyak penjualnya, es cincau ini menjadi minuman dingin terfavorit sebagai menu takjil terutama di pulau Jawa.

Banyak sekali bukan menu buka puasa nya? Akan lebih baik lagi jika kita membagikan menu-menu ini kepada orang-orang yang sama sekali belum pernah mencoba semua sajian di atas. Yuk, ikutan program Parsel Ramadhan dari Dompet Dhuafa dalam berbagi kebaikan melalui hadiah Parsel Kebaikan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Sebarkan Parsel Lebaran
Zakat Sekarang