Doa Bulan Syaban dan Amalan Produktif di Rumah

260

Syaban, Sejengkal Menuju Ramadhan 

Doa Bulan Syaban dan Amalan di Rumah - Zakat.or.id

Siapa yang berdebar menjelang 1 Ramadhan 1442 Hijriyah? Setelah Rajab, terbitlah Syaban. Beragam doa bulan Syaban umat muslim panjatkan supaya benar-benar ketemu Ramadhan kembali. Ibarat buah yang akan ranum, Syaban merupakan tahap menyiram sebelum panen di bulan agung.

“Bulan Rajab adalah bulan menanam, bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman, dan Bulan Ramadhan adalah bulan memanen tanaman” – Abu Bakr Al-Bakhi

Bahagia campur deg-degan menjadi tanda sambutan Syaban karena semakin dekat dengan Ramadhan. Bagaimana tidak? Syaban merupakan bulan diangkatnya amal baik dan buruk selama setahun terakhir.

“Syaban, bulan yang berisikan berbagai amal, perbuatan diangkat kepada Rabb semesta alam, aku senang amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa” – HR. Nasai

Berdasarkan kalendar masehi, Bulan Syaban 1442 H akan dimulai pada 15 Maret 2021 hingga 12 April. Lalu, Nisfu Syaban diperingati setiap malam 15 Syaban. Adanya hal tersebut menandakan bulan tersebut sudah setengah jalan ke arah Ramadhan. Sambut bulan ini dengan Doa Bulan Syaban yang diambil dari hadis riwayat Anas bin Malik:

Doa Bulan Syaban 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Allahumma baarik lanaa fii Rojab wa Sya’ban wa ballignaa Romadhon”
Artinya:
Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan perjumpakanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Baca juga: Hukum, Keutamaan Puasa Rajab, dan Hadistnya, Ayo Amalkan!

Syaban merupakan bulan penuh ampunan dan pertolongan. Amalan ibadahnya biasa dilakukan setelah solat maghrib. Akan tetapi, pandemi Covid-19 yang masih terjadi membuat umat muslim harus melaksanakannya secara mandiri di rumah. Sahabat tetap bisa produktif dan sehat di rumah dengan amalan produktif berikut:

1. Istiqomah Ibadah Sunnah di Bulan Syaban

Doa Bulan Syaban dan Amalan Produktif di Rumah - Zakat.or.id

Syaban merupakan waktu untuk perkuat ibadah-ibadah sunnah. Yuk, tingkatkan kualitas sunnah dengan Sholat Duha, Tahajud, Hajat, Taubat, dan Tasbih. Lalu, lakukan pemasana sebelum puasa wajib dengan puasa sunnah Senin dan Kamis. Kemudian, tingkatkan lagi lembaran membaca Al-Quran supaya khatam di bulan Ramadhan.

2. Baca Yasin Tiga Kali 

Anak Laki-Laki Baca Al-Quran Surat Yasin - Zakat.or.id

Pada malam Nisfu Syaban, bacalah yasin sebanyak tiga kali setelah sholat sunnah apapun pada malam hari.  Bacaan Yasin pertama berfungsi untuk memohon panjang umur, ketaatan, ketakwaan, dan istiqomah. Lalu, Yasin kedua dibaca untuk memohon rezeki dan menolak bala. Kemudian, Yasin ketiga dibaca untuk memohon ditetapkannya iman dan Islam hingga akhir hayat.

3. Dzikir Lengkap dengan Istighfar

Dzikir dan Doa Bulan Syaban 2021 - Zakat.or.id

Syaban merupakan bulan diangkatnya amalan baik dan buruk selama setahun. Perbanyak istighfar untuk memohon ampunan dan dzikir agar Allah selalu kuatkan iman, Islam, dan hati untuk berjuang di jalan kebaikan. Rinciannya ialah istighfar sebanyak 100 kali, tahmid dan takbir 100 kali, salawat Nabi 100 kali, dan dzikir lainnya.

baca juga: INILAH 6 MAKANAN FAVORIT RASULULLAH SELAMA RAMADHAN 

4. Bayar Hutang Puasa

Lunasi Hutang Puasamu! - Zakat.or.id

Siapa yang masih sering menunda-nunda ganti hutang puasa? Hayo, sudah tuntas belum? Ayo, selesaikan urusan Anda kepada Allah supaya tidak kepikiran ketika Ramadhan. Coba bayar cicilan dengan alur waktu Senin dan Kamis layaknya jadwal puasa sunnah. Prioritaskan hutang puasa wajib Anda supaya tidak semakin menumpuk hingga lupa dengan totalnya.

5. Berdoa di Bulan Syaban Agar Bertemu Ramadhan 

Muslim sholat dan doa di Bulan Syaban agar bertemu Ramadhan - Zakat.or.id

Syaban tetaplah Syaban, bukan Ramadhan. Meskipun sudah dekat sekali, tetapi tidak ada manusia yang tahu umurnya. Berdoalah memohon umur panjang kepada Allah agar kita benar-benar bertemu Ramadhan kembali untuk panen doorprize pahala sebagai bekal di akhirat. Rasulullah SAW gemar berdoa ketika Rajab dan Syaban tiba:

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban dan sampaikanlah umur kami bertemu bulan Ramadhan” 

Itulah doa Bulan Syaban dan ragam amalan produktif yang dapat Sahabat lakukan mandiri di rumah. Jaga selalu kesehatan agar Ramadhan semakin bermakna, fisik semakin bugar, dan mental semakin siap. Jaga alur ibadah dan kegiatan sehari-hari dengan handbook Ramadhan 1442 H weekly planner fungsional yang dapat diunduh di sini!  

Ramadhan identik dengan zakat fitrah. Mari, persiapkan segalanya dengan selalu penasaran mengenai zakat. Unduh panduannya di tautan ini, lalu amalkan ilmu dengan berzakat di Portal Donasi Dompet Dhuafa, mudah dan amanah!

Zakat Sekarang