More

    Selamat Hari Raya Kurban (Iduladha) 1445 H

    Hukum Zakat Mal

    zakat mal

    Bagaimana Hukum Zakat Mal

    Pertanyaan:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    Bagaimana cara menghitung zakat mal yang benar unsur unsur apa saja yang dihitung dalam zakat mal? Dan bagaimana hukum zakat mal dalam Islam?

    Baca Juga: Daftar Lembaga Amil Zakat di Indonesia

    Itulah paparan pertanyaan saya, mohon untuk jawabannya. Terima kasih.

    Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

    Rainanto Budiono

     

    Jawaban:

    Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh

    Saudara Rainanto Budiono yang dirahmati Allah swt. Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara.

    Allah swt mewajibkan kita mengeluarkan zakat mal apabila syarat wajibnya terlah terpenuhi. Oleh karena itu, hukum zakat mal adalah wajib.

    Zakat mal -zakat selain zakat fitrah– terdiri dari berbagai macam. Masing-masing memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Adapun macam-macam zakat mal antara lain: Zakat emas, perak dan sejenisnya, zakat pertanian dan perkebunan, zakat perniagaan, zakat peternakan serta zakat pertambangan. Termasuk juga zakat profesi. Hanya saja, istilah zakat mal identik dengan zakat harta kekayaan berupa tabungan, uang, perdagangan atau pun emas dan perak.

    Zakat Emas, Perak, Uang dan Perdagangan

    Hukum Zakat Emas

    Untuk zakat emas, perak, uang dan perdagangan, nishabnya adalah senilai dengan 85 gram emas. Emas yang menjadi standar adalah emas murni. Sedangkan nilai zakat yang dikeluarkan adalah 2,5 persen. Sebagai ilustrasi, misalnya bapak A memiliki uang atau emas senilai 100 juta. Ini artinya, harta tersebut telah mencapai nishab. Cara menghitung zakatnya 100.000.000 x 2,5 % = 2. 500.000 rupiah.

    Untuk zakat mal, baik perdagangan, peternakan, emas, perak, surat berharga dan tabungan, dikeluarkan sekali setiap tahun. Berbeda dengan zakat pertanian, dikeluarkan setiap kali panen dan mencapai nishab (653 kg beras).

    Baca Juga: INILAH 8 GOLONGAN PENERIMA ZAKAT

    Adapun unsur-unsur yang perlu dihitung dalam zakat mal adalah: jumlah uang yang dimiliki, emas atau perak, tabungan, surat berharga, piutang serta asset yang diperjual belikan (bila ada). Semuanya dijumlah. Apabila nilai keseluruhan mencapai 85 gram emas atau senilai dengannya, dikeluarkan zakatnya 2,5 persen.

    Semoga jawaban ini dapat membantu Bapak dalam berzakat salah satunya zakat mal. Terima kasih.

    Wallahu a’lam.

     

     

    spot_img
    spot_img

    Panduan Lengkap Fiqh Zakat Terdiri dari 8 Bab memberikan pemahaman kepadamu tentang pentingnya syariat Zakat, Jenis-Jenisnya, dan semua hal yang paling sering ditanyakan tentang zakat.

    spot_img