Penjelasan Lengkap Keutamaan Shalat Tarawih Hapus Dosa Masa Lalu

1060

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan yang paling umat Islam nantikan. Ketika mendengar kata istimewa tersebut, pikiran Sahabat pasti langsung tertuju kepada waktu shalat malam yang disebut shalat tarawih. Patrikan kepada hati, bahwa sesibuk apapun Anda, usahakan jangan lewatkan shalat malam yang spesial ini. Kenapa? Yuk, baca hingga tuntas supaya tercerahkan.

Pengertian Shalat Tarawih

Pengertian keutamaan shalat tarawih, hukum, dan caranyaUstadz Herman Budianto menjelaskan bahwa para ulama, salah satunya Imam Nawawi mengatakan bahwa shalat malam ketika waktu tahajud di bulan Ramadhan bernama shalat tarawih yang artinya istirahat. Disebut demikian karena terdapat jeda antara rakaat ke rakaatnya. Misalnya, selesai 2 rakaat, lalu imam memimpin doa. Jeda doa tersebut yang merupakan waktu rehat.

Keutamaan Shalat Tarawih: Hapus Dosa di Masa Lalu

shalat tarawih dapat menggugurkan dosa masa laluTidak bisa disangkal bahwa puasa tanpa shalat tarawih bagaikan makanan yang hambar. Tidak seperti iklan barang mainan yang dijual terpisah, puasa dan tarawih merupakan 1 paket yang tidak bisa dipisahkan. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Man shoma romadhona imanan wahtisaban, ghufirolahu ma taqoddama min dzanbih

Artinya:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA)

Ustadz Herman Budianto menjelaskan lebih lanjut tafsir hadist tersebut bahwa barang siapa yang shalat malam di bulan Ramadhan seperti tarawih dengan iman, keyakinan kepada Allah SWT dan mencari ridho dan pahala, maka Allah mengampuni dosa-dosa yang telah lalu.

Baca juga: BACAAN NIAT SHOLAT TARAWIH DAN WITIR LENGKAP

Para ulama memiliki perbedaan pendapat jenis dosa, apakah kecil atau besar.  Ulama Imam Nawawi mengatakan bahwa tarawih menghapus dosa-dosa kecil. Ada pula ulama lain yang berpendapat bahwa tarawih menghapus dosa kecil dan dosa besar.

Dosa dapat ditemukan di mana saja di setiap kegiatan kita sebagai hamba Allah. Maka dari itu, shalat tarawih menjadi bonus dari Allah yang dapat kita kejar di bulan istimewa ini. Hanya setahun sekali yang langka ini umat Islam mengumpulkan pahala melalui shalat malam tersebut.

Mungkin ada pikiran bahwa Ramadhan merupakan rutinitas tahunan. Akan tetapi, 1 tahun 12 bulan menyimpan banyak rahasia dan kejadian yang seringkali tidak kita duga atau keluar dari rencana. Maka dari itu, maksimalkan ketika memiliki kesempatan untuk shalat tarawih saat bertemu Ramadhan.

Hukumnya Menurut Ulama

hukum shalat tarawihJumhur ulama seperti Imam Malik, Ahmad, dan Syafi’i berpendapat bahwa shalat tarawih berjamaah hukumnya sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang diutamakan. Maka dari itu, cobalah berusaha untuk sholat tarawih berjamaah, meskipun di rumah saat pandemi sekarang.

baca juga: 10 keutamaan bulan ramadhan 

Lalu, seringkali kita juga masih bingung dengan rakaat pasti shalat tarawih. Para ulama mengatakan untuk ikutilah imam di mana ia shalat dan barang siapa yang shalat bersama imam sampai selesai, maka akan dicatat seperti orang yang sholat qiyamul lail semalaman. Maka dari itu, usahakan untuk sempatkan tarawih, serepot apapun kita dalam urusan duniawi.

Setelah baca, tonton kisi-kisi singkat di video ini tentang keutamaan tarawih. Yuk, lapangkan hati untuk menontonnya demi Ramadhan yang lebih matang!

 

Tamu agung datang kembali ke muka bumi. Meskipun umat muslim masih menjalani Ramadhan di tengah pandemi Covid-19, namun rasa sukacita menyambutnya jangan pernah redup.

Semoga umat muslim dapat merayakan Ramadhan dengan kesehatan mental dan fisik yang matang. Yakinlah ada harapan dalam setiap langkah yang kita jalani dengan berbagi kebaikan untuk saling menguatkan. Ramadhan saatnya berbagi lagi di sini, sedekah dan infak untuk saudaramu. 

Zakat Sekarang