Baca 10 Doa Ini Agar Dagangan Laris, Berkah, dan Ramai!

15075

Usaha sudah maksimal, doa pun juga harus maksimal karena kita bukanlah siapapun tanpa Allah SWT, Sang Maha Pembuka Rezeki. Inilah 10 doa agar dagangan laris dan berkah yang mudah Anda amalkan!

Tidak ada hal yang instan di dunia ini, semua butuh proses panjang hingga usaha menjadi laris manis dan menciptakan pelanggan loyal. Berdagang bukanlah hal mudah karena ada jatuh bangun dan hal tersebut merupakan normal ketika berbisnis.

Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah 

cara berdagang ala rasulullah

Rasulullah SAW mengajarkan umat Islam untuk berdagang secara jujur, amanah, dan variatif supaya mendatangkan banyak pembeli. Selain usaha, inilah beragam doa agar dagangan laris dan berkah:

اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ 

  1. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: “Ya Allah, ridailah aku dengan ketentuan-Mu dan berikan lah aku dalam apa-apa yang telah ditentukan, sehingga aku tidak menginginkan dipercepatnya sesuatu yang telah Engkau tangguhkan dan ditangguhkannya sesuatu yang telah Engkau percepat.”

baca juga: 5 RAHASIA BERDAGANG SUKSES DAN BERKAH ALA RASULULLAH SAW

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى رَزَقَنِى هَذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

2. Alhamdulillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi.

Artinya: “Segala Puji Bagi Allah SWT yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku. Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezeki ku”.

 

اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا طَيِّبًا وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

3. Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.

Artinya: Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu.

Doa Agar Dagangan Ramai Pelanggan

Setiap pedagang pasti ingin lapaknya ramai. Kalau sepi, penyebabnya bisa beragam, seperti pelanggan tidak puas karena pelayanan yang tidak ramah dan informatif. Aktivitas jual beli adalah kegiatan komunikasi dua arah, layaknya mengobrol dengan kenalan. Dengan meningkatkan aspek yang masih kurang, lapak dagangan menjadi ramai.

Setelah berusaha, jangan lupa ucapkan doa agar jualan tidak sepi kembali, yaitu:

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba’dī, innaka antal-wahhāb

Artinya: “Ia berkata: ‘Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Doa Agar Terhindar dari Penipu dan Hal Jahat

doa agar dagangan laris dan berkah

Untuk para pelaku bisnis, baik penjual dan pembeli, harus selalu waspada dengan modus penipuan dan kejahatan lainnya yang timbul dari rasa iri dan dengki. Inilah doa untuk terhindar dari hal jahat:

لا إلهَ إلَّا اللهُ وحدَهُ لَا شرِيكَ لَهُ، لَهُ الملْكُ، ولَهُ الحمْدُ، وهُوَ عَلَى كُلِّ شيءٍ قديرٌ

La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumitu, biyadihil khoir, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah. Tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah kekuasaan dan milik-Nya lah segala pujian. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Atasnya kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Saat Merintis Bisnis

Merintis adalah hal yang sulit, tetapi menunggu sampai sempurna hanya bergerak di tempat dan menunda kesempatan yang datang. Manfaatkan fasilitas di sekitar kita, lalu awali dengan doa memulai usaha seperti ini:

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

Robbanaa aa-tinaa milladunka rohmataw wa hayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa. Robbisyrohlii shodrii wa yassirlii amrii

Artinya: Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku.

Doa Dimudahkan Dalam Segala Urusan 

Baca doa ini agar setiap urusan kita, termasuk berdagang, Allah mudahkan:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

  1. Ya hayyu ya qayyumu birahmatika astaghitsu, ashlih li sya’ni kullahu wala takilni ila nafsi tharfata ‘ainin abadan

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmatMu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dariMu selamanya.” (HR Tirmidzi).

Selain itu, minta ampun kepada Allah agar urusan kita tidak menjadi berat dan berlarut-larut. Allah mudahkan urusan kita supaya dapat diselesaikan secara ringkas dan tangkas:

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

2. Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kamu memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir,” (QS Al Baqarah 286)

Doa Agar Untung Banyak dan Halal 

Tujuan utama berbisnis adalah meraup keuntungan secara maksimal. Akan tetapi, banyak belum tentu halal karena di dalam rezeki kita, ada hak orang lain yang perlu kita sadari. Yuk, amalkan doa dagangan laris dan berkah yang satu ini untuk mendapatkan keuntungan banyak dan halal.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma innii as’aluka an tarzuqanii rizqan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin, innaka a’laa kulli sya’in qadiirun

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk berkenan memberiku rezeki yang luas serta baik, tanpa payah. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu,”

Doa Saat Mengalami Kerugian 

Tidak setiap saat bisnis berada di fase pertumbuhan dan matang (growth and maturity). Adakalanya dagang mengalami masa merosot, seperti kerugian hingga terlilit utang. Selama pedagang masih terus bergerak untuk memperbaiki kesalahan, maka masalah akan menemukan titik terang sambil dibantu dua doa ini untuk mengurangi keresahan:

عَسَىٰ رَبُّنَا أَنْ يُبْدِلَنَا خَيْرًا مِنْهَا إِنَّا إِلَىٰ رَبِّنَا رَاغِبُونَ

  1. Asa rabbuna ayyubdilana khoiram minha inna ila rabbina raghibun.

Artinya: “Mudah-mudahan Tuhan kami memberikan ganti kepada kami dengan yang lebih baik daripada itu, sesungguhnya kami mengharapkan ampunan dari Tuhan kami.”

baca juga: INILAH CARA MUDAH MENGHITUNG ZAKAT BARANG DAGANGAN 

للَّهُمَّ يَا فَارِجَ الْهَمِّ، كَاشِفَ الْغَمِّ، مُجِيبَ دَعْوَةَ الْمُضْطَرِّينَ، رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَرَحِيمَهُمَا، أَنْتَ تَرْحَمُنِي، فَارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

2. Allahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi mujiba da’watal mudhtariina rahmaanad dun-yaa wal aakhirati wa rahiimahumaa irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaak.

Artinya: “Ya Allah, Zat yang menghilangkan segala kesedihan, yang menggembirakan segala duka cita dan yang mengabulkan semua permohonan, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang baik di dunia maupun di akhirat, curahkan rahmat-Mu kepada kami, yaitu rahmat yang menjadikan kami tidak membutuhkan pertolongan selain kepada-Mu”.

Doa Agar Mudah Melunasi Utang

doa untuk melunasi utang

Semoga Allah selalu mencukupi kita semua dengan rezeki yang halal dan menjauhi dari tumpukan utang. Jika terlilit utang hingga kewalahan, semoga Allah mudahkan untuk melunasinya. Begini doanya:

 اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563)

Doa Agar Dagangan Lancar 

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Wa yarzuq-hu min haisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja’alallahu likulli sya’ing qadra.

Artinya: “Dan dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At-Talaq: 3).

Doa Agar Ada Penglaris 

Salah satu tantangan saat merintis bisnis yaitu mendapatkan pelanggan pertama. Pelanggan tersebut dapat menjadi awal mula yang baik karena ia akan merekomendasikan kepada teman-temannya secara sukarela. Begini doa dagangan laris dan berkah yang dapat mengundang pelanggan membeli produk:

اَللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُوْهِنَا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَاٰثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Allahumma Zidnaa Wa Laa Tanqushnaa Wa Akrimnaa Wa Laa Tuuhinaa Wa A’thinaa Wa Laa Tahrimnaa Wa Aatsirnaa Wa Laa Tu’tsiru ‘Alainaa Wa Ardhinaa Wardha ‘Annaa

Artinya: Ya Allah, tambahkan rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakan lah kami dan jangan lah Engkau binasakan kami. Beri lah kami dan jangan lah Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan janganlah Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami

Setelah memanjatkan doa kepada Allah yang Maha Membuka dan Menutup Rezeki, maka jangan lupa praktikkan ibadah sosial seperti zakat, sedekah, dan infak. Yuk, sisihkan penghasilanmu untuk memberdayakan para penerima manfaat, sehingga kehidupan mereka jadi lebih baik. Udah gitu, rezekimu juga jadi berkah. Klik di sini sekarang juga!

 

 

Zakat Sekarang