Tahu Arti dan Urutan Rukun Islam Ada Berapa?

981

Rukun Islam Ada Berapa? 

Makna dan Arti Rukun Islam

Selain rukun iman, ada rukun islam yang terdiri dari 5 pilar, yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat, dan pergi haji jika mampu. Rukun ini bukan sekilas tahu dan diucapkan di bibir, tetapi juga cara menjalani arti rukun islam ini. Hal tersebut merujuk dari sabda Nabi Muhammad SAW:

“Islam dibangun di atas lima perkara, yaitu syahadat laa ilaaha illallah dan Muhammadan Rasulullah, menegakkan salat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadhan.”

(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Apa Perbedaan Rukun Iman dan Rukun Islam? 

Rukun islam berbeda dengan rukun iman, namun keduanya berhubungan. Rukun iman memiliki arti percaya pada hal-hal yang membangun pondasi agama Islam, lalu diakui secara lisan dan dibenarkan oleh hati untuk diamalkan.

Sedangkan, arti rukun islam adalah pokok-pokok ajaran Islam yang mengandung lima perintah utama untuk menjalani kepercayaan yang ada di rukun iman. Supaya tidak asal-asalan, inilah makna rukun Islam:

1. Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat

Rukun Islam pertama adalah bacaan dua kalimat syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat. Syahadat secara bahasa artinya bersaksi. Kata syahadat mengandung makna mengakui keberadaan Allah dan Nabi Muhammad sebagai salah satu utusan Allah dan tidak ada nabi setelah Nabi Muhammad. Umat Islam wajib tahu 25 Nabi dan Rasul utusan Allah.

Dua kalimat syahadat menjadi pintu seseorang memeluk agama Islam. Bunyinya adalah sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah

Artinya:

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.” 

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, seorang muslim wajib melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Layaknya pintu, syahadat menjadi pembuka untuk melaksanakan keempat rukun islam lainnya.

2. Makna Sholat Sebagai Rukun Islam Kedua

Rukun Islam kedua adalah sholat

Apa yang terlintas di benak Sahabat saat mendengar kata sholat? Jangan sampai berpikir bahwa sholat adalah hal yang biasa atau paling parah, menilainya sebagai beban. Pengertian sholat secara bahasa adalah berdoa yang diawali dengan takbiratul-ihram dan diakhiri dengan salam. Sholat sebagai rukun islam kedua jadi penghubung komunikasi antara manusia dengan Sang Maha Kuasa, Allah SWT.

Perbuatan atau tindakan dalam sholat mencakup gerakannya, mulai dari mengangkat tangan ketika takbir, iftitah, ruku, sujud, hingga tasyahud akhir. Umat Islam wajib melaksanakan lima panggilan Allah, yaitu sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Akan lebih baik dan menambah pahala jika diimbangi dengan sholat sunnah.

baca juga: PENGERTIAN 6 RUKUN IMAN, MAKNA, DAN URUTANNYA 

Salah satu perintah Allah untuk menunaikan sholat tertera dalam surat Al Isra ayat 78:

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya:

“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” 

Sahabat sepakat bahwa shalat adalah tiang agama, bukan? Maka dari itu, muslim wajib melaksanakan sholat apapun keadaannya. Islam adalah rahmatan lil’alamin dan tidak menyulitkan, apabila tidak sanggup sholat dengan berdiri tegak, maka bisa duduk. Jika tidak bisa duduk, maka bisa tiduran. Jika anggota tubuh sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka gerakan mata menjadi solusi terakhir sebelum menghadap sang Khalik.

3. Menunaikan Puasa Ramadhan

Hukum Puasa Ramadhan, Syarat Wajib, Rukun, dan Hikmahnya - Zakat.or.id

Rukun islam ketiga adalah menunaikan puasa Ramadhan. Puasa artinya menahan diri dari segala hal yang membatalkan mulai dari adzan subuh hingga tenggelamnya fajar. Bukan hanya puasa, Ramadhan juga jadi kesempatan untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dari ibadah yang lain, seperti membaca Al Quran, sholat sunnah tarawih. Tidak lupa juga membayar kewajiban zakat fitrah.

Hukum dan Perintah Puasa Ramadhan 

Puasa Ramadhan hukumnya wajib. Perintah menunaikan puasa tertera dalam surat Al-Baqarah ayat 183-187. Yuk, ngaji biar keponya makin tuntas.

4. Membayar Zakat

Kisah-Rasul-Nabi-Muhammad-Perintah-Zakat

Semakin belajar tentang rukun islam, maka semakin sadar bahwa kelimanya memiliki urutan yang berhubungan. Rukun islam keempat yaitu berzakat. Zakat ada beberapa jenis, seperti zakat mal, zakat perdagangan, zakat penghasilan, atau zakat fitrah yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

Arti Mustahik dan 8 Golongan Penerima Zakat

Mustahik adalah sebutan untuk para penerima zakat. Zakat dapat mengentaskan kemiskinan dan meringankan beban pada 8 golongan yang berhak menerima zakat, siapa saja?

  1. Fakir. Pada kelompok fakir yaitu seseorang yang tidak memiliki sumber penghasilan apapun yang disebabkan oleh masalah berat, seperti sakit.
  2. Miskin. Sementara, definisi miskin yaitu seseorang yang memiliki sumber penghasilan, namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  3. Riqab atau biasa disebut sebagai hamba sahaya.
  4. Gharim atau gharimin, yaitu orang yang memiliki hutang dan kesulitan melunasinya.
  5. Mualaf, yaitu orang yang baru memeluk agama Islam untuk merasakan solidaritas.
  6. Fiisabilillah, yaitu pejuang agama Islam.
  7. Ibnu sabil, yaitu orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan jauh.
  8. Amil, yaitu orang yang menyalurkan zakat.

baca juga: 3 FASE SEJARAH KEWAJIBAN ZAKAT

5. Pergi Haji Jika Mampu

Ilustrasi-Infografis-Jenis-Haji-dan-Penjelasannya

Rukun Islam yang kelima adalah pergi haji jika memiliki kemampuan finansial dan kesehatan yang mumpuni. Melansir dari Ahmad Fauzi Qasim selaku Pegiat Dakwah dan Kemanusiaan, Sekretaris Dewan Syariah Dompet Dhuafa dari Majalah Swara Cinta, menuturkan haji adalah ibadah paling besar karena aspek ibadah berkumpul semua; badaniyah (fisik), maliyah (finansial), dan qalbiyah (hati/mental).

Faidah lainnya dari haji yaitu sebagai tempat bertukar ilmu dan pandangan karena manusia dari ragam warna kulit, ras, dan negara berkumpul di Mekkah. Lalu, secara simbolis ibadah haji memperkuat persatuan umat Islam agar semakin kokoh karena menghadap Allah yang satu, mengikuti nabi yang satu, membaca Al Qur’an yang satu, menghadap ke kiblat yang satu, bertowaf di Baitullah yang satu, hingga berkumpul/wukuf di tempat yang satu.

Jadi, sudahkah Sahabat menjalani arti dan makna rukun islam dengan sebaik-baiknya? Yuk, kita sama-sama memperbaiki, dimulai dari rutin mengeluarkan zakat di Dompet Dhuafa. Zakatmu ringankan beban karena disalurkan secara transparan dan tepat sasaran. Stop tunda kebaikan, klik berzakat sekarang juga di sini! 

 

Zakat Sekarang