Waktu Pelaksanaan Kurban Idul Adha yang Wajib Diketahui

4405

Waktu pelaksanaan kurban Idul Adha setiap tahun

Sahabat sudah mempunyai niat atau hajat untuk berkurban tahun ini? Sebelum melaksanaannya, baiknya kita mengetahui kapan waktu yang afdol untuk berkurban agar kurban yang kita persembahkan menjadi sah sesuai syariat. Jangan sampai kita berkurban di waktu yang lebih awal atau malah terlambat.

Waktu Kurban di Awal

waktu kurban di awal

Perayaan hari raya Idul Adha serta penyembelihan hewan kurban memiliki waktu empat hari yaitu pada hari raya Idul Adha tanggal 10 dan hari (Tasyriq) tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah. Kendati demikian, beberapa ulama sempat memperdebatkan tentang awal waktu dan batas penyembelihan hewan kurban, serta kemakruhan menyembelih hewan kurban pada malam hari.

Menurut Syeikh Wahbah Az-Zuhaily, seluruh ulama sepakat bahwa waktu paling baik menyembelih hewan kurban ialah pada hari pertama setelah Shalat ‘Id sampai sebelum tergelincir matahari agar memperoleh kesunnahan.

Baca Juga: HUKUM KURBAN ONLINE, BOLEHKAH?

Adapun waktu yang tepat untuk berkurban sudah dijelaskan dalam hadist berikut :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ – رضى الله عنه – قَالَ قَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلاَةِ فَإِنَّمَا ذَبَحَ لِنَفْسِهِ ، وَمَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلاَةِ فَقَدْ تَمَّ نُسُكُهُ ، وَأَصَابَ سُنَّةَ الْمُسْلِمِينَ

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang menyembelih qurban sebelum shalat (Idul Adha), maka ia berarti menyembelih untuk dirinya sendiri. Barangsiapa yang menyembelih setelah shalat (Idul Adha), maka ia telah menyempurnakan manasiknya dan ia telah melakukan sunnah kaum muslimin.”

(HR. Bukhori, 5546)

Barangsiapa Menyembelih Sebelum Shalat Ied, Maka Harus Mengulanginya

Dalam hadist lain juga menjelaskan:

عَنْ جُنْدَبٍ أَنَّهُ شَهِدَ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – يَوْمَ النَّحْرِ صَلَّى ثُمَّ خَطَبَ فَقَالَ « مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَلْيَذْبَحْ مَكَانَهَا أُخْرَى ، وَمَنْ لَمْ يَذْبَحْ فَلْيَذْبَحْ بِاسْمِ اللَّهِ

Dari Jundab, ia menyaksikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu beliau berkhutbah dan bersabda,

Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat ‘ied, hendaklah ia mengulanginya. Dan yang belum menyembelih, hendaklah ia menyembelih dengan menyebut ‘bismillah’.

(HR. Bukhari no. 7400 dan Muslim no. 1960)

Sudah sangat jelas bahwa hadist riwayat diatas melarang keras menyembelih hewan kurban sebelum shalat ied, jika tetap melanggar maka wajib untuk kita mengqadha atau mengulanginya pada waktunya apabila kurbannya wajib karena sudah menjadi nazar. Tetapi jika bentuk kurbannya sunnah, daging yang disembelihnya dinilai menjadi daging biasa seperti sebatas untuk keluarganya sendiri dan tidak dianggap ibadah kurban.

Baca Juga: Sunnah dan Syarat untuk Pekurban

Berkurban Pada Akhir Waktu

kurban online sapi Idul Adha di lembaga dompet dhuafa

Walaupun hari raya kurban selama empat hari yaitu hari terakhir tanggal 13 Dzulhijjah, dengan batas waktu sebelum terbenamnya matahari pada hari keempat tersebut.

Syaikh Musthofa Al ‘Adawi hafizhohullah, menerangkan bahwa “Adapun waktu akhir dari penyembelihan qurban, maka tidak ada hadits yang shahih dari Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai hal itu. Dalam buku Fiqhul Udhiyah hal 107 menjelaskan, jika kita merasa sulit melakukan pada waktu tersebut, maka boleh melakukannya pada tanggal 11 dan 12 Dzulhijjah sebagaimana pendapat jumhur (mayoritas) ulama.

Menyembelih Kurban Pada Waktu Siang atau Malam

jual hewan sapi idul adha online

Tidak ada larangan khusus tentang pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada siang atau malam. Hanya saja beberapa hadist riwayat menerangkan jika penyembelihan hewan kurban dilakukan pada saat siang hari sebelum matahari terbenam.

Dalam buku Fiqhul Udhiyah hal 107 menjelaskan bahwa menyembelih hewan kurban dibolehkan di siang atau malam hari. Akan tetapi, disunnahkan menyembelihnya di siang hari agar lebih baik dalam penyembelihan dan orang-orang miskin pun bisa hadir dan menyaksikan.

baca juga: Cara Berkurban Aman di Masa Pandemi

Hal tersebut dilakukan untuk mengindari dari sisi keutamaan berkurban, seperti tidak segarnya daging kurban, proses pembagian yang tidak merata. Adapun kapan penyembelihannya tidak mengapa pada waktu siang atau malam, hanya saja lebih baik dan utamanya dilakukan pada siang hari.

Itulah sedikit paparan tentang kapan waktu yang afdol dalam berkurban. Baiknya kita mengikuti perintah jumhur atau mayoritas pendapat ulama. Yaitu, melakukan penyembelihan setelah shalat ied sebelum terbenam matahari untuk mendapatkan kesunnahan yang sesungguhnya.

Sambut bulan Dzulhijjah di masa pandemi ini dengan berbagi kurban higienis di Dompet Dhuafa. Nah, kurban online dari Dompet Dhuafa mempertimbangkan segala aspek kesehatan di masa darurat ini. Yuk, jangan lewatkan kesempatan berharga kurban amanah dan sehat di sini. Berani berkurban lagi, ketuk tautannya sekarang juga!

 

Zakat Sekarang