5 Jenis Zakat yang Wajib Ditunaikan Saat Akhir Tahun

330

Zakat akhir tahun

Sahabat, tahukah kamu ada jenis zakat yang harus ditunaikan saat akhir tahun? Salah satu syarat wajib zakat yaitu harta telah mencapai haul atau disimpan selama setahun. Pembayarannya ada yang dapat dilakukan setiap bulan, ada pula yang dilakukan saat tutup buku.

Saat menunaikan zakat akhir tahun, maka bukti pembayaran dapat digunakan sebagai pengurang SPT pajak tahunan. Nah, apa saja zakat yang wajib ditunaikan saat akhir tahun? Simak artikel ini hingga tuntas, ya!

1. Zakat Perdagangan 

Zakat perdagangan adalah zakat yang diwajibkan atas semua benda yang dijual atau didagangkan. Waktu pembayaran jenis zakat ini dilakukan setelah tutup buku di akhir tahun. Mengutip dari Fiqh Zakat Kontemporer Dompet Dhuafa, kriteria zakat perdagangan adalah sebagai berikut:

  1. Barang yang dimiliki diniatkan untuk didagangkan. Kendati demikian, barang-barang penunjang yang tidak dijual beli, seperti bangunan, komputer, kasir, dan alat lainnya tidak wajib dizakati.
  2. Modal, baik berupa uang atau barang, adalah barang dagang yang wajib dizakatkan.
  3. Barang telah disimpan selama 1 tahun (mencapai haul).
  4. Telah mencapai nishab, yaitu setara dengan 85 gram emas atau 595 gram perak.

Apakah kamu sudah memenuhi syarat tersebut? Kalau sudah, yuk kita ulik cara menghitung nisab dan kadar zakat perdagangan.

Cara Menghitung Zakat Perdagangan

cara menghitung zakat perdagangan perniagaan

Untuk mengetahui sudah wajib berzakat atau belum, kamu harus tahu harga emas yang berlaku saat menghitung zakat dengan melihat situs resmi logam mulia. Saat keuntungan berdagang sudah mencapai nisab (batas minimum zakat), maka hitung kewajiban zakatnya dengan menggunakan rumus berikut ini:

(Modal diputar + keuntungan + piutang) – (hutang jatuh tempo) x 2,5% = Zakat. 

Secara singkat, cara menghitung zakat perdagangan ialah aset lancar dikurangi utang dikali 2,5%.

Kini, saatnya mempraktikkan dengan cara menghitung via Kalkulator Zakat Maal di sini agar angkanya tepat. Kadar zakat perdagangan yang wajib dikeluarkan sebesar 2,5% dari keuntungan seluruhnya.

2. Zakat Penghasilan 

Allah mengisyaratkan dalam surat Al Baqarah ayat 267 bahwa zakat diwajibkan kepada seseorang yang menerima upah dan gaji, sebagaimana petani dan pedagang. Zakat penghasilan termasuk salah satu zakat maal (harta) yang dikeluarkan oleh muslim karena mengandalkan kemampuan intelektual, keahlian (skill), dan tenaganya.

baca juga: INILAH ARTI PENTING ZAKAT AKHIR TAHUN DAN SYARAT WAJIBNYA

Bagi yang sudah bekerja dan penghasilannya mencapai nisab seharga emas 85 gram, maka wajib mengeluarkan zakat penghasilan. Jenis zakat ini dapat ditunaikan ketika menerima penghasilan setiap bulan atau digabung sekaligus saat akhir tahun. Zakat penghasilan memiliki nama lain yang disebut sebagai zakat profesi.

Cara Menghitung Zakat Penghasilan

zakat penghasilan untuk akhir tahun

Pertama, kamu harus memastikan penghasilanmu telah mencapai nisab. Nisab adalah batas minimum seorang muslim wajib mengeluarkan zakat (muzakki). Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 3 Tahun 2003 bahwa nisab zakat penghasilan senilai harga 85 gram emas. Untuk mengetahuinya, kamu harus melipir ke website logam mulia untuk melihat harga emas saat itu.

baca juga: KENALI LENGKAP 6 SYARAT WAJIB ZAKAT MAL DAN JENISNYA

Lalu, kamu akan mendapatkan hitungan bahwa penghasilan minimal 6 juta sudah wajib mengeluarkan zakat. Langkah mengetahui nisab dan wajib atau tidak berzakat pun selesai.

Saat ingin mengeluarkan nominal zakat, maka penghasilanmu dikalikan 2,5%. Voila, kini kamu sudah tahu jumlah nominal yang wajib dizakati. Gunakan Kalkulator Zakat di sini untuk menghitung zakat kapanpun dan di manapun dengan nominal yang tepat.

3. Zakat Perusahaan 

Zakat perusahaan merupakan jenis zakat yang dibayarkan saat akhir tahun, yakni setelah perusahaan melakukan akuntansi tutup buku. Saat pemasukan perusahaan telah mencapai nisab, maka wajib dikeluarkan zakatnya. Nisab zakat perusahaan tergantung pada industri dan jenis bisnis.

Pada perusahaan di industri perdagangan dan keuangan nisabnya senilai harga 85 gram emas dan kadar zakatnya sebesar 2,5%. Lalu, zakat perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan nisabnya senilai 653 kilogram beras dan zakatnya 5% hingga 10% tergantung sistem pengairan. Lalu, pertambangan nisabnya setara harga 85 gram emas dan kadar zakatnya 2,5%.

Melansir dari Dompet Dhuafa, yakni Ustad Zul Ashfi bahwa untuk industri pertanian dan perkebunan, maka perusahaan perlu memperhatikan bahwa tanaman pertanian yang dikenai zakat hanya ada dua jenis, yaitu:

  1. Biji-bijian yang menjadi sumber makanan pokok seperti padi, gandum, dll,

2. Buah-buahan yang hanya diterapkan pada buah kurma dan anggur.

Selain dua jenis tersebut, maka tanaman masuk ke dalam zakat perdagangan karena diniatkan untuk kegiatan jual dan beli.

Cara Hitung Zakat Perusahaan

 cara menghitung zakat perusahaan untuk akhir tahun

Ada dua cara untuk menghitung zakat perusahaan, pertama dengan menghitung seluruh uang yang dihimpun oleh perusahaan:

(seluruh uang yang ada di perusahaan, baik cash atau di bank + nilai barang yang diperjualbelikan) x 2,5% = nominal zakat. 

Cara kedua yaitu dengan menggunakan rumus aset perusahaan sebagai berikut:

(semua aset perusahaan – aset tidak terkena zakat seperti sarana dan fasilitas) x 2,5% = nominal zakat

Dampak Baik Zakat Perusahaan 

Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan korporasi untuk membentang kebaikan zakat di Indonesia. Percaya enggak kalau hasil zakatmu mampu memberdayakan para penerima manfaat? Tonton video singkat di bawah ini untuk menyaksikan bukti nyata dari manfaat zakat perusahaan!

Bagaimana, sudah ditonton? Zakat perusahaan mampu memberdayakan para penerima manfaat. Yuk, buat zakatmu berdampak baik dan berkelanjutan dengan menunaikan zakat maal perusahaan di Portal Digital Dompet Dhuafa di sini.

4. Zakat Emas

Zakat emas Dompet Dhuafa

Berkilap, cerah, dan harga cenderung stabil membuat investasi emas dilirik oleh banyak masyarakat. Selain investasi, emas digunakan untuk mempercantik diri dalam bentuk perhiasan. Komoditi dengan pancaran kilauan ini merupakan barang yang wajib dizakati dan termasuk jenis zakat maal (harta).

Emas sudah digunakan sebagai alat tukar sejak zaman Nabi Muhammad SAW dengan sebutan dinar dan dirham. Uang kertas yang dipakai sekarang sebagai alat tukar wajib dizakatkan karena memiliki nisab, haul, dan kadar zakat yang sama dengan emas. Begitu juga dengan surat berharga, saham, tabungan, giro, dan lain sejenisnya.

Nisab dan Kadar Zakat Emas

Emas wajib dizakati jika mencapai nisab senilai 85 gram, sedangkan nisab perak seharga 595 gram. Cek harga emas atau perak untuk mengetahui nisab zakatnya. Melansir dari Fiqh Zakat Kontemporer Dompet Dhuafa, semua jenis emas dan perak wajib dizakati, kecuali zakat perhiasan terdapat perbedaan pendapat para ulama yang dapat dibaca di sini selengkapnya.

baca juga: WAJIBKAH MEMBAYAR ZAKAT PERHIASAN YANG DIKENAKAN?

Untuk zakat emas dalam bentuk perhiasan, muzakki harus mengetahui terlebih dahulu tiga macam jenis penggunaan zakat, yaitu perhiasan, disimpan sebagai tabungan, dan digunakan sebagai alat perdagangan.

Cara Menghitung

Zakat emas dikeluarkan dengan kadar 2,5%. Secara praktik, muzakki harus mengetahui nisab emas yang telah disimpan selama setahun. Cek harga emas terkini melalui situs emas atau logam mulia. Jika sudah mencapai nisab, maka kamu wajib menzakati hartamu. Selanjutnya, hasil emas dikalikan 2,5% untuk mengetahui nominal zakat yang harus dikeluarkan.

Supaya tepat, hitunglah dengan Kalkulator Zakat Emas di sini. Muzakki bisa hitung dari mana saja dan kapan saja.

5. Zakat Tabungan

Menabung merupakan cara untuk menyimpan uang dan harta dan sebagai persiapan menghadapi finansial di masa depan. Di sisi lain, tabungan ternyata memiliki hukum mesti dizakati saat sudah disimpan selama 1 tahun. Jika seseorang memiliki tabungan selama setahun dan tidak mencapai nisab, akan tetapi ketika digabung dengan harta simpanan lain mencapai nisab, maka tabungannya termasuk harta yang wajib dizakati.

Cara Menghitung

Sebagian ulama mengatakan bahwa cara menghitung zakat tabungan dilakukan pada saat simpanan genap satu tahun. Haul atau satu tahun harta dihitung saat sudah mencapai batas minimum berzakat. Muzakki cukup melihat dari saldo awal dan akhir tabungan, lalu zakatnya dikeluarkan 2,5% dari saldo akhir.

Jika muzakki menabung di bank konvensional, maka bunga tidak dimasukkan ke dalam hitungan zakat. Maka, saldo akhir dikurangi bunga terlebih dahulu sebelum dikalikan 2,5%. Itulah nominal zakat yang harus dikeluarkan jika tabungan memiliki bunga.

Apapun jenis zakatnya, jangan lupa tunaikan kewajibanmu, ya! Zakat yang kamu salurkan dapat memberdayakan para mustahik untuk lepas dari belenggu kemiskinan dan kefakiran. Hitung nisab hartamu di Kalkulator Zakat di sini, lalu klik berzakat sekarang pada tombol di bawah ini! (Zakat.or.id/Halimatussyadiyah)

 

 

Zakat Sekarang