Inilah Arti Penting Zakat Tahunan dan Syarat Wajibnya!

2415

 

Zakat TahunanZakat Tahunan itu seperti apa?

Waktu keluarnya zakat, baik itu zakat mal atau zakat fitrah, tidaklah sama. Walaupun keduanya sama-sama zakat tahunan, tapi ketentuan waktunya tergantung dengan jenis zakat tersebut. Jika zakat fitrah biasanya dikeluarkan pada saat sebelum Hari Raya Idul Fitri, lalu bagaimana dengan zakat mal?

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Saya mau bertanya untuk zakat mal, apakah hanya dibayarkan satu kali saja untuk hal tersebut? Ataukah ikut terakumulasi dengan tahun berikutnya atau zakat tahunan? Syukron,

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara dan keluarga.

Zakat Tahunan
Apabila seseorang memiliki tabungan, deposito, emas dan yang lainnya yang telah mencapai nishab (senilai dengan 85 gram emas dengan cara penggabungan semua harta di atas) dan telah tersimpan satu tahun dari masa mencapai nishab maka wajib dikeluarkan zakatnya.

Baca Juga: CARA MENGHITUNG ZAKAT MAL

Zakat wajib dikeluarkan setiap tahun dari total harta yang terkena zakat yang ia miliki. Sebagai ilustrasi, saat ini A memiliki harta 100 juta. Pada tahun yang akan datang hartanya bertambah menjadi 200 juta, maka zakat yang ia keluarkan pada tahun kedua adalah: 2,5 persen x 200 jt = 5 juta. Demikian seterusnya. Semoga pengertian tentang zakat tahunan ini bermanfaat.

Wallahu a’lam

Akhir tahun enggak bisa ke mana-mana karena PPKM? Yuk, tonton podcast zakat di akhir tahun. Dijamin inspiratif, loh!

Bahagia di akhir tahun adalah impian semua orang karena kita merayakan pencapaian hingga refleksi diri selama setahun. Kendati demikian, masih ada saudara kita yang terdampak pandemi. Mereka juga ingin merasakan akhir tahun yang bahagia, sehingga dapat menghadapi tahun depan secara optimis.

BACA JUGA: BOLEHLAH ZAKAT PENGHASILAN DENGAN UANG ANGPAO DARI NON MUSLIM?

Mari, berbagi kebahagiaan di sekitarmu dengan melakukan zakat akhir tahun! Kita saling membantu untuk membangun harapan yang lebih baik di tahun berikutnya, sekaligus berangsur-angsur pulih dari pandemi. Zakatmu berdayakan saudaramu, yuk berani berbuat baik dengan klik berzakat sekarang juga di sini!

 

 

Zakat Sekarang