Zakat Mal untuk Korban Banjir, Bolehkah?

1581

zakat untuk korban banjir

Zakat untuk Korban Banjir

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

apakah boleh mengeluarkan zakat mal kepada para korban bencana, misalnya para korban bencana banjir?

Jazakallah khoir.
wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Dari
Muhammad AM

Jawab :

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.

Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara dan keluarga.
Pada dasarnya, tidak semua korban banjir berhak menerima zakat mal. Dan tidak semua korban tidak berhak menerima zakat mal.

Korban yang miskin atau yang sama sekali tidak bisa menggunakan harta sama sekali karena terjadi musibah (baik berupa uang di rekening atau dimana pun ) yang ia miliki, mereka bisa menerima zakat mal. Sebab, mereka termasuk dalam dua kategori orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokoknya. Dengan demikian, kriteria sebagai penerima zakat ada pada diri mereka.

Baca Juga: Apa itu Fakir Miskin? Bagaimana Kriterianya dalam Islam

Bagi orang kaya yang sama sekali tidak bisa menggunakan hartanya hanya berhak tatkala tidak bisa sama sekali mengambil dan memanfaatkan harta yang ia miliki. hal ini berlaku sampai ia bisa menggunakan hartanya.

Sedangkan korban banjir yang kaya yang masih bisa menggunakan harta kekayaannya , memiliki rekening yang bisa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya atau orang yang masih bisa memenuhi kebutuhan dasarnya tidaklah termasuk orang yang berhak menerima zakat. Sebab, pada dasarnya, kondisi banjir bukanlah salah satu kriteria penerima zakat.

Seseorang baru berhak menerima zakat tatkala kriteria miskin terpenuhi. Di sisi lain, kondisi banjir antara satu tempat dengan tempat yang lain berbeda tingkat kondisinya. Dengan demikian, kita tidak bisa mengatakan boleh semua atau tidak boleh semua.

Baca Juga: Inilah 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat

Wallahu a’lam

Zakat Sekarang