5 Makanan Sehat dan Ideal untuk Buka Puasa

321

buka puasa

Asupan makanan untuk buka puasa dan sahur memang perlu diperhatikan apalagi saat puasa di bulan Ramadhan. Karena asupan tubuh kita memerlukan nutrisi serta energi yang berbeda dibandingkan dengan makanan sehari-hari kita. Perlu ada karbohidrat, vitamin dan nutrisi yang cukup.

Lalu, bagaimana makanan yang pas untuk buka puasa? Tidak ada yang pas, pastinya ideal untuk asupan tubuh kita tentunya ada. Rasululllah SAW sendiri telah memberikan contoh berbuka dengan kurma. Bagaimana pengaruhnya dengan tubuh kita? Simak artikel berikut ini.

Baca Juga: 25 Inspirasi Menu Buka Puasa yang Nikmat dan Sehat

Kurma, Sunah Rasul Berbuka dengan Kurma

Berbentuk lonjong, buah kurma yang menjadi buah yang di sunahkan dimakan pada saat berbuka puasa ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Manfaat kurma salah satunya adalah mengandung serat yang tinggi. Kandungan ini sangat berguna untuk memberikan energi setelah berpuasa seharian.

Kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Sebab kurma kaya akan kalsium. Sangat bagus untuk Sahabat yang ingin memperbaiki tulang yang rapuh karena sudah lanjut usia. Jika memang tidak suka dengan buahnya, Anda bisa mengkombinasikan dengan menjadikannya sebagai roti kurma atau brownies kurma. Pastikan Sahabat tahu dulu resepnya ya.

Madu, Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Buka puasa biasanya identic dengan sesuatu yang manis. Namun, hal ini justru malah menjadi berlebihan seperti dengan adanya es buah, es teler, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya Sahabat Zakat mengganti gula dengan madu.

Madu sendiri mengandung nutrisi yang tinggi dan juga sebagai pemanis alami yang baik untuk tubuh. Sebab madu itu mengandung maltosa, fruktosa, glukosa dan sukrosa menurut lifestyle.kompas.com. Bermanfaat sekali untuk mengisi tenaga dan memulihkan energi setelah berpuasa.

Roti Gandum, Pengganti Karbohidrat yang Pas

Masyarakat Indonesia selalu makan dengan makan nasi karena merasa belum makan jika belum makan nasi. Nasi sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang banyak. Oleh karena itu, Anda bisa mengantinya dengan roti, jika bisa roti gandum.

Roti gandum sangat bermanfaat untuk memberikan energi setelah berpuasa dengan porsi yang cukup. Anda bisa mencampurkannya dengan menu lain seperti dengan bubur kacang hijau atau bubur ketan untuk rasa yang lebih bervariasi.

Singkong Rebus, Menu Favorit jadi Menu Buka Puasa

Kupas dan rebus, mudah bukan? Nah, itulah mengapa singkong rebus dapat menjadi pilihan untuk berbuka puasa yang pas. Mengapa demikian? Karena singkong mengandung karbohidrat yang bermanfaat menggantikan energi kita. Sangat baik untuk dikonsumsi pada saat buka puasa.

Salad Buah, Buka Puasa dengan Buah-buahan yang Menyegarkan

Jika Sahabat suka dengan sesuatu yang segar, maka salad buah jawabannya. Selain manis dan juga beragam, salad buah sangat sehat dan menyegarkan. Apalagi untuk berbuka puasa. Buah ditambah madu, pastinya menjadi kombinasi yang menyehatkan.

Tips Jaga Kesehatan Tubuh Selama Bulan Puasa

Apakah tubuh akan selalu sama ketika bulan puasa? Tentunya kita mempunyai kondisi tubuh yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh Anda walaupun tengah berpuasa.

Baca Juga: Hutang Puasa karena Nifas?

Selalu Minum Air Putih

Air putih sangat baik untuk kita karena tidak mengandung dengan bahan-bahan tambahan lainnya. Lebih baik dari pada teh ataupun kopi. Oleh karena itu, jangan sampai kita dehidrasi karena kekurangan air selama berpuasa.

Buka Puasa Jangan Terlalu Berlebihan

Jika mendekati waktu berbuka puasa, biasanya kita terlalu terburu-buru untuk memilih sajian apa yang enak untuk berbuka. Padahal, berbuka itu tidak perlu makanan berat. Seperti yang disunahkan oleh Rasul kita, cukup dengan kurma dan air putih juga sudah mengembalikkan energi tubuh kita.

Tetap Berolahraga dengan Olahraga Ringan

Kata siapa berpuasa tidak boleh berolahraga? Justru olahraga itu yang membuat badan kita selalu fit. Tidak perlu olahraga mengangkat beban atau lari sepanjang 10.000 meter. Disarankan untuk berolahraga secukupnya.

Di Bulan Ramadhan ini ayo kita perbanyak ibadah dengan zakat, infak, sedekah, dan wakaf melalui Dompet Dhuafa

Zakat Sekarang