Perbedaan Zakat dan Infak dalam Perspektif Islam

43

Secara bahasa, zakat berarti menyucikan harta dan bersifat wajib. Sedangakan, infak merupakan cara kita untuk memberikan sebagian harta kita untuk orang yang lebih membutuhkan dan bersifak tidak wajib. Lalu, apalagi perbedaan zakat dan infak? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pertanyaan:

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh.

Ustadz, saya ingin bertanya, apakah perbedaan antara zakat dan infak?
Terimakasih.

Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

dari:
wemxxxxx@yahoo.co.id
di Surabaya

Baca Juga: Pengertian dan Tata Cara Menghitung Zakat Penghasilan

Jawaban:

Wa’alaikumsalamwarahmatullahiwabarakatuh

Semoga Allah swt senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada saudara dan keluarga.

Seperti yang kita ketahui zakat dan infak merupakan dua hal yang sangat berbeda. Ini pun juga terdapat pada

Zakat adalah sebagian dari harta yang harus dikeluarkan oleh seseorang karena telah memenuhi kriteria wajib zakat. Selanjautnya, harta itu diserahkan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat. Dari sisi hukum, para ulama sepakat bahwa zakat hukumnya wajib bagi orang yang telah memenuhi kriteria wajaib zakat.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah Yang Wajib Anda Pahami

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ فَسَيُنْفِقُونَهَا ثُمَّ تَكُونُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُونَ وَالَّذِينَ كَفَرُوا إِلَى جَهَنَّمَ يُحْشَرُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. dan ke dalam Jahannamlah orang-orang yang kafir itu dikumpulkan” (QS. Al Anfal: 36)

Sedangkan infak adalah harta yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain untuk kebaikan. Dalam firman Allah yang disebutkan pada Surat Al Anfal (36) tersebut memberikan penjelasan bahwa infak merupakan harta yang kita keluarkan untuk kepentingan yang baik.

Infak ada yang wajib seperti nafkah untuk keluarga dan ada infak yang sunnah seperti pemberian harta untuk kebaikan. Sedangkan penerima infak sendiri lebih luas dibandingkan penerima zakat.

Semoga perbedaan zakat dan infak dapat bermanfaat untuk kita semua.

Wallahu a’lam

Zakat Sekarang