Bacaan Sholawat Nabi Lengkap Beserta Artinya

47853

bacaan sholawat nabi dan artinya

Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah SWT dan beliau sangatlah peduli, sayang, dan sangatlah mencintai umatnya. Maka, tatkala sebagai umat muslim haruslah dapat mengamalkan bacaan sholawat nabi sebagai wujud cinta kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Amalan ini juga sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT dan terdapat berbagai keistimewaan yang luar biasa bagi yang rutin mengamalkannya.

Menjadikan bacaan ini sebagai amalan sehari-hari akan mengubah kehidupanmu menjadi lebih berkah dan dimudahkan urusannya. Yuk mari kita hayati dan senantiasa mengamalkannya untuk mencapai Ridho dan Rahmat Allah SWT.

baca juga: 5 CARA NABI MUHAMMAD (RASULULLAH) DAGANG SUKSES DAN BERKAH

Sebelum kita mengamalkannya alangkah baiknya kita mengetahui seluk beluk dari Sholawat Nabi berikut ini:

1. Pengertian Sholawat Nabi

Secara bahasa sholawat merupakan bentuk jamak dari sholla yang memiliki arti yaitu doa. Menurut istilahnya, shalawat adalah bentuk doa dan pujian untuk Nabi sebagai ibadah kepada Allah SWT. Terdapat tiga macam sholawat, yaitu sholawat dari Allah, dari malaikat, dan dari manusia atau umatnya.

Pengertian dari beberapa ulama tentang sholawat dari Allah artinya pemberian rahmat dan kemuliaan menurut Ibnu Kasir. Jika dari malaikat, artinya berupa memohonkan ampunan, namun jika dari umatnya artinya adalah doa agar beliau dilimpahi rahmat dan kemuliaan.

Menurut Imam Nawawi menjelaskan bahwa shalawat dari Allah berarti untuk menambah kemuliaan. Terdapat ulama juga menjelaskan bahwa Allah SWT bersholawat kepada Nabi Muhammad artinya bahwa Allah SWT memujinya di hadapan malaikat-malaikat-Nya.

2. Bacaan Sholawat Nabi

bacaan-sholawat-kepada-nabi

Terdapat berbagai macam bacaan shalawat nabi, mulai dari yang cukup panjang ataupun pendek dan ringkas. Namun bagi seseorang yang baru mengenal islam, maka terdapat bacaan yang pendek dan ringkas untuk diamalkannya. Setelah bacaan yang ringkas sudah melekat di benak, maka lanjutkanlah untuk mempelajari bacaan yang lebih panjang dan lainnya, seperti:

Bacaan sholawat ketika mendengar nama Nabi Muhammad SAW

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shallallahu ‘alaihi wa sallim

Artinya:

“Semoga shalawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah)”

atau

اَللَْهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ

Allahumma sholli ‘alaih

Artinya:

“Ya Allah limpahkanlah shalawat kepadanya”

 

Bacaan shalawat ringkas latin dan artinya

صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

Shollallahu ala sayyidina muhammad

Artinya:

“Semoga shalawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad”

 

Bacaan untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya latin dan artinya

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala aali muhammad

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad”

 

Shalawat tasyahud

للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala aali muhammad kamaa shollaita ‘ala ibraahiim wa ‘ala aali ibraahiim innaka hamiidum majiid. Allahumma baarik ‘ala muhammad wa ‘ala aali muhammad kamaa baarokta ‘ala ibraahiim wa ‘ala aali ibraahiim innaka hamiidum majiid.

Artinya:

“Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”

Shalawat Tasyahud diajarkan oleh Rasulullah SAW sendiri dan diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Bacaan ini juga menjadi bacaan saat tasyahud dalam ibadah sholat.

3. Keutamaan Shalawat Nabi

Terdapat berbagai keutamaan bagi yang sering mengimplementasikan bacaan ini dalam kehidupannya. Bershalawat kepada junjungan dilakukan saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Berbagai keutamaannya salah satunya sebagai berikut:

Perintah Allah SWT Kepada Hamba-Nya untuk Bershalawat

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan untuk orang beriman bershalawatlah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, terutama pada hari Jumat agar Allah senantiasa melimpahkan rahmat kepada kita semua.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya:

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

(QS. Al Ahzab : 56)

Allah SWT Bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW

Allah SWT bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW  yakni Ia memuliakannya di depan para malaikat dan memberinya rahmat dari-Nya.

Baca Juga: Kisah Teladan Nabi Muhammad Sang Motivator

Malaikat Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Para malaikat juga bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Hal ini sebagai bentuk malaikat memohonkan ampunan untuk beliau dan memohon ridho Allah SWT.

  • Sebab terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dunia serta mensucikan hati seorang muslim.
  • Menyebabkan adanya pujian dan sanjungan dari penduduk langit dan bumi terhadap orang yang mengucapkannya.
  • Hamba yang bersholawat satu kali, Allah membalasnya 10 kali

Baca Juga: Bacaan Doa-Doa Setelah Sholat yang Patut Dibaca

Berbagai keutamaan membaca sholawat nabi salah satunya adalah, siapa yang bersholawat kepada Nabi Muhammad sekali, Allah SWT membalas kepadanya 10 kali.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya:

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali.”

(HR. Muslim)

  • Penyebab adanya berkah dalam diri orang yang mengucapkannya serta adanya berkah dalam amal perbuatan dan umurnya.
  • Terpancarnya cahaya bagi seorang muslim ketika ia melintasi shirat diatas neraka jahannam yang gelap gulita diakhirat kelak.
  • Mendapatkan syafaat oleh Rasulullah SAW di akhirat kelak
  • Semakin dekat kedudukannya dengan Nabi Muhammada SAW.

4. Manfaat serta Keistimewaan Sholawat Nabi

sholawat-kepada-nabi

Berbagai keberkahan akan memancari kehidupan umat muslim bagi yang senantiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-harinya. Begitu banyak manfaat serta keistimewaan yang akan menyelimuti roda kehidupan bagi penggiatnya, salah satunya sebagai berikut:

  • Rutin bersholawat, maka lisan akan senatiasa menyebut sang kekasih tercinta, junjungan kami Nabi Muhammad SAW
  • Diselimuti oleh ketenangan jiwa serta manisnya iman dan taat dalam beribadah
  • Dimudahnya do’a seorang hamba untuk terkabul jika selalu mengiringinya dengan sholawat
  • Wujud implementasi perintah Allah SWT untuk senantiasa bersholawat dan bertaslim untuk junjungan kami Nabi Muhammad SAW
  • Disinari oleh pancaran cahaya iman, rahmat, dan keberkahan
  • Kehidupannya akan diriingi oleh semangat juang tinggi dalam beribadah
  • Memiliki akhlak yang mulia dan berjihad bersungguh sungguh sebagaimana jihadnya junjungan kami Nabi Muhammad SAW

Jadikan bacaan sholawat nabi untuk menemani jejak langkah kehidupan maka akan senantiasa mengarahkan langkah menuju jalan yang benar dan penuh keberkahan. Terdapat begitu banyak manfaat dan keistimewaan dari Allah SWT bagi umat muslim yang mencintai dan memuji Rasulullah SAW.

Jadikanlah bacaan ini sebagai rutinitas sehari-hari kelak kau akan merasakan berbagai manfaat dan keberkahannya. Dimulailah dari yang ringkas, hingga bacaan-bacaan sholawat lebih kompleks lainnya maka hati kau akan senantiasa tergetar akan kuasa Allah SWT.

Mari menjadi umat muslim yang gemar memuji Allah dan nabi serta mengajak orang disekitarnya untuk bersholawat juga. Memuji dan mendoakan Nabi Muhammad SAW  merupakan pembangun pondasi akar iman dan takwa, jadilah muslim produktif yang senantiasa mengimplementasikannya.

Baca Juga: Kisah Nabi Muhammad SAW dari Lahir sampai Wafat

Zakat Sekarang